Home / Kesehatan / Jangan Letakkan Ponsel di Bawah Bantal Saat Tidur

Jangan Letakkan Ponsel di Bawah Bantal Saat Tidur

Kini ponsel sudah menjadi candu bagi banyak orang. Tangan rasanya tidak pernah lepas dari gawai yang satu ini. Bahkan tak jarang orang bermain ponsel dulu sebelum tidur dan meletakkannya di bawah bantal saat tidur. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?

Mengganggu Tidur

Semua jenis ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini dapat mengganggu dan mengurangi kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa pemakaian ponsel sebelum tidur menyebabkan Anda sulit untuk memasuki fase lebih dalam dari tidur. Saat tidur terganggu, kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakaan yang terjadi pada hari itu juga terganggu.

Selain itu, alat elektonik yang berlayar LED menghasilkan blue light. Blue light memiliki efek menekan produksi hormon melatonin (hormon yang membuat mengantuk). Karenanya, menggunakan ponsel sebelum tidur membuat Anda menjadi tidak mengantuk. Apalagi jika menaruh ponsel dekat dengan diri Anda atau bahkan meletakkannya di bawah bantal.

Mengganggu Kesehatan

Penggunaan ponsel juga sudah mulai dihubungkan dengan kanker otak. Meski demikian, banyak penelitian belum dapat membuktikan hubungan kanker otak dan penggunaan ponsel. Penelitian terhadap tikus menemukan tumor hanya pada tikus laki-laki yang diberikan radiasi ponsel. Itupun hanya pada 2-3% dari semua tikus—angka ini masih dikatergorikan rendah dan belum dapat menjadi bukti hubungan ponsel dan kanker otak.

Walaupun hubungan antara ponsel dan kanker otak belum pasti, WHO sudah memberikan peringatan adanya kemungkinan tersebut. Hal ini berlaku terutama pada anak-anak yang tempurung kepalanya lebih tipis daripada orang dewasa, sehingga mereka lebih rentan terhadap radiasi.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Ubahlah setelan ponsel menjadi flight mode saat tidur untuk mematikan radiasinya. Apabila Anda harus menerima panggilan yang penting, letakkanlah ponsel satu sampai dua meter dari tempat tidur. Jangan tidur dengan ponsel di bawah bantal.

sumber : klikdokter.com